Teluk Benoa, Jalan Toll dan Reklamasi


Jalan toll terbaru di Bali telah selesai dikerjakan dan akan bersiap dipergunakan, keberadaan jalan toll ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan by pass Ngurah Rai – Bandara International – Nusa Dua, Kuta dan Denpasar. Efek domino dari jalan toll ternyata sudah terjadi dengan rencana berikutnya yaitu reklamasi Teluk Benoa. Pro dan Kontra terjadi dalam masyarakat Bali.

green warrior

Investasi dan Bisnis Perkayuan Masa Depan

Bagaimana bentuk  Masterplan Teluk Benoa ?

Secara umum reklamasi adalah kegiatan yang bertujuan memperbaiki atau penatagunaan lahan yang terganggu sebagai akibat sesuatu kegiatan lapangan hasil tambang agar dapat berfungsi dan berdayaguna sesuai dengan peruntukannya. Sedangkan dalam ranah ilmu teknik pantai, pengertian reklamasi adalah suatu pekerjaan memanfaatkan kawasan yang relative tidak berguna atau kosong dan berair menjadi lahan berguna dengan cara dikeringkan.

Pengertian reklamasi daratan atau hanya sering disebut reklamasi adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut tanah reklamasi atau landfill.

Reklamasi Teluk Benoa termasuk dalam reklamasi daratan karena akan membuat pulau baru, berikut kutipan beritanya “Secara geografis, luas pulau Bali akan bertambah. Pulau baru yang dibangun investor di kawasan ini akan menjadi  milik Bali, milik masyarakat Bali “

Sekilas Reklamasi Pulau Serangan. Kini, warga Serangan tidak lagi sepenuhnya menggantungkan sumber penghidupan dari hasil laut karena ikan-ikan konsumsi sudah menghilang dari perairan Serangan. Begitu pula dengan predikat Pulau Serangan sebagai Pulau Penyu akan tinggal kenangan lantaran satwa penyu sudah sangat jarang mendarat di Serangan untuk bertelur. Dilihat dari gambar Pulau Serangan sudah menjadi satu daratan dengan pulau-pulau kecil sebelumnya, sehingga tidak lagi ada pantai yang landai, alami dan aman untuk habitat Penyu bertelur. Reklamasi ini tiada tujuan yg jelas.

teluk benoa

Teluk Benoa Bali Kini

Keterangan gambar Teluk Benoa, googlemaps.

1. Bandara International Ngurah Rai
2. Pelabuhan Laut Benoa
3. Pulau Serangan yang sudah direklamasi
4. Rencana pulau baru (ini perkiraan tiang)
5. Tanjung Benoa

Bila dilihat dari googlemaps Teluk Benoa dikelilingi oleh daratan Tanjung Benoa dan Pulau Serangan, bila latar belakang reklamasi yang diutarakan untuk menjaga Bali dari bahaya tsunami atau gelombang pasang, tentunya tidak beralasan karena sangat jelas sekali yang lebih dahulu dihantam oleh tsunami (bila benar terjadi) adalah dua pulau tersebut yaitu daratan Tanjung Benoa dan Pulau Serangan.

Masterplan Teluk BenoaMasterplan Teluk Benoa

Keterangan masterplan Benoa, secara kebetulan tiang yang menggambar 3d masterplan ini dengan konsep disain dari perusahaan konsultan lain, yang secara profesional tiang bekerja sebagai 3d artist impressions, silakan klik disini.

1. Pelabuhan Laut Benoa
2. Pulau Serangan yang sudah direklamasi
3. Tanjung Benoa

Pulau-pulau ini (bila benar gambar ini merupakan rencana reklamasi diatas) maka jalan utama atau akses masuk akan dihubungkan ke jalan toll yang telah dibangun.

Rencana reklamasi Teluk Benoa berdasarkan surat keputusan nomor 2138/o2-C/HK/2012 terkait reklamasi tempat strategis Teluk Benoa (sudah dicabut pada 16/8-2013). namun SK terbaru 1727/01-B/HK/2013 Rencana Pemanfaatan, Pengembangan, dan Pengelolaan Wilayah Perairan Teluk Benoa selama 2 tahun. Sungguh ironis …

Semoga masyarakat Bali tidak hanya memikirkan manusia, tetapi tetap memikirkan alam lingkungan, semoga budaya Bali dengan ajaran agama Hindu tentang Tri Hita Karana tetap dikedepankan dalam membangun Bali, semoga laut sebagai pelebur segala mala di bumi tetap dilestarikan.

(RANBB)

Jasa Perspektif 3d 0812 9489 4000

Jasa Perspektif 3d 0812 9489 4000

35 responses to “Teluk Benoa, Jalan Toll dan Reklamasi

  1. ia atur atur saja broo toch kalo jadi ga ada untung buat masyarakat bali yang di plosok tetap miskin, toll megah, bandara megah, hotel bintang lima megah toch di nikmati penduduk luar, selamat ia :), penduduk pribumi penontonn dari kemegahan bukan penikmat

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s