Pengantar Bhima Swarga


Perjalanan Spiritual Bhima Ke Sorgaloka

Sepertinya kita semua perlu menyisihkan waktu untuk merenung, menenangkan diri diantara hingar bingar berita atau informasi yang singgah di ruang-ruang rumah kita. Bayangkan akibat kemajuan ilmu dan teknologi informasi, semua rentang dunia seperti tanpa jarak. Apa yang dibayangkan dan dikhawatirkan orang pada awal abad millenium tiga ini menjadi kenyataan. Teknologi informasi computer, teknologi internet, tidak saja akan meniadakan sekat ruang jagat raya, namun lebih dekat dengan kita, juga mempengaruhi prilaku keseharian umat manusia.
Dalam pergaulan sehari-hari, kita merasakan sangat sukar untuk membedakan yang mana dunia nyata dan mana dunia maya karena batas-batas itu nyaris tiada. Apa yang dulu pernah didogmakan para bijaksana tentang ajaran sekala niskala sudah baur. ini berakibat pula pada perubahan tatanan filsafat, nilai, norma, hukum dan aturan yang selama ini hidup dalam masyarakat.
Norma-norma kepatutan yang sudah berabad-abad dilakoni masyarakat secara turun-temurun, serta yang sudah teruji mampu mewujudkan keharmonisan peradaban dalam konteks Tri Hita Karana ; harmonis dengan Tuhan, dengan alam dan antar manusia, tiba-tiba kandas karena arogansi serta agresifitas teknologi modern seperti telah ‘menjajah’ logika, etika dan estetika masyarakat.
‘Penjajahan’ atas pola pikir, pola prilaku dan pola perasaan individu dan masyarakat ini seperti menggiring hampir semua pergaulan manusia, khususnya umat Hindu, membaur lebih pada penekanan dunia materiil dan melupakan dunia imateriil.
Tradisi mesatua orang tua dan anak menjelang tidur, tentang konsep Karma phala, Sorga Neraka dan lain sebagainya kini seperti ‘Mahluk” purbakala aneh, yang hanya akan menjadi komoditi museum. Dan sebaliknya anak-anak kita dimanjakan dengan produk komunikasi seperti; play station, video game, serta situs-situs internet yang meraja lela dan menakjubkan, bahkan menjadi berhala. Hal ini lambat laun berakibat menggeser pola berpikir kita tentang ajaran-ajaran dasar tattwa, etika dan upakara.
Karena itu tidaklah heran kalau setiap hari kita disuguhi berita dan gosip prilaku para politisi, para birokrat, teknokrat, artis, yang korupsi, suap, narkoba, perjudian atau bahkan berita-berita miris tentang para pahlawan tanpa tanda jasa yang seharusnya memberi contoh untuk digugu dan ditiru malah mendekam di penjara karena prilaku menyimpang.
Sekali lagi kita semua sebenarnya perlu menyisihkan waktu merenung, membuka kembali lipatan-lipatan tradisi lama untuk bertutur tentang cerita-cerita klasik, kawi pewayangan dari Mahabharata atau Ramayana, terutama konsepsi hukum sebab akibar yang menjadi keyakinan kita dalam sradha ke tiga Panca Sradha yakni Karma Phala. Juga penting tentang ajaran Sorga Neraka, seperti Atma Prasangsya, Bhima Swarga, Japatuan, Lubdaka dan lain-lain, agar bisa menjadi tuntunan perbuatan atau ‘uger-uger’ pergaulan masyarakat.
Karenanya bukan hal yang ketinggalan jaman kalau di abad komputer seperti sekarang ini diingatkan kembali nilai-nilai luhur dan filsafat cerita Bhima Swarga agar kita kiranya menjadi rambu-rambu bagi kita semua, pengelola negara, birokrat, teknokrat dan semua umat sedharma dalam berlaksana agar tercapai kembali kedamaian sesuai harmoni Tri Hita Karana.
Bhima sebagai tokoh sentral dalam cerita ini mirip Sanjaya dalam Bhagawadgita, yang melaporkan kejadian pandangan mata percakapan Kresna dan Arjuna sesaat menjelang Bharatayudha di Kuruksetra, kepada Drestarastra, Raja yang buta sejak lahir. Kresna menyadarkan kembali Arjuna untuk melaksanakan Swadharmanya. Simbolisasi cerita Bhima swarga ini perlu diketengahkan lagi, semoga mampu menggugah penalaran untuk menyadari swadharmaning masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Cerita ini seperti menitipkan pesan pada kita umat sedharma hendaknya selalu berbuat baik, agar kelak kita memetik phala yang baik pula.

Cerita selengkapnya klik

Bhima Swara ‘ Perjalanan Spiritual Bhima ke Sorgaloka ‘

One response to “Pengantar Bhima Swarga

  1. I think this is one of the most vital information for me.
    And i’m glad reading your article. But want
    to remark on some general things, The web site style is great, the articles is really nice
    D. Good job, cheers

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s