Penjor | Pering Selonjor


Penjor adalah Pering Selonjor, Pering (bambu) selonjor (sebatang) jadi bambu sebatang  yang dihias dan dibuat sedemikian rupa sehingga akan terlihat indah. Selain indah Penjor di Bali yang berhubungan dengan Upacara Yadnya, dituntut pula benar dan sesuai dengan Filsafat, Susila dan Apacara. Pada Hari Raya Galungan, yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2012 ini, masyarakat Hindu Bali di seluruh Nusantara bahkan di dunia tentunya sudah bersiap-siap membuat Penjor. Pada Hari Raya Galungan umat Hindu “Memenjor” yang terbuat dari Sebatang bambu dihiasi dengan “busung” /janur, dilengkapi pula dengan “keraras” /daun pisang kering, “kolong-kolong” terbuat dari janur, “Plawa” / kayumas, Pala Bungkah – Pala Gantung, Kelapa Bungkulan, Jajan dan Sampyan Penjor. Untuk mengikat dipergunakan “Tali Tutus ” / tali bambu, bukan tali plastik seperti kebanyakan saat ini. Penjor untuk keperluan Upakara Yadnya dilengkapi dengan Sanggah Cucuk sebagai tempat  menaruh persembahan / Yadnya.

Penjor merupakan perlambang dari Gunung Udaya / Tohlangkir yang lazim disebutkan dengan nama Gunung Agung, Penjor merupakan ungkapan rasa syukur dan bakti kita kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa atas segala kesejahteraan dan kedamaian yang telah dianugrahkan kepada umat manusia. Gunung Agung adalah tempat suci, demikian pula gunung-gunung yang lain di Nusantara, sehingga kesucian ini diwujudkan dengan didirikannya tempat-tempat suci Hindu / Pura, seperti di Gunung Mahameru, Gunung Semeru, atau Gunung Himalaya.

Rahajeng Galungan lan Kuningan ring Umat Hindu Sedharma, Dumogi mawit saking asung kertha waranugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa, Semeton ngemolihang napi sane keaptiang ring warsa 2012 tur ngantos riwekasan. Ajeg Bali.

Bahan bacaan ; dari buku Arti dan Makna Sarana Upakara oleh Pinandita, Drs. I Ketut Pasek Swastika. di posting oleh Rare Angon Nak Bali Belog.

One response to “Penjor | Pering Selonjor

  1. wah, membuat penjor sangat menyenangkan! kita bisa berkreasi menghiasi nya agar menarik! salam blogger semeton bali

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s