Hakikat Wanita – Hindu


GENERASI HINDU BERKELUARGA

Hakikat Wanita

Murdha asi rad dhruwa as dharuna dhartyasi dharani
Ayuse tva varcase tva krsyai tva ksemaya tva
(Yayurveda:14.21)

Wahai wanita rumah tangga, anda adalah yang paling tua (murdha) di rumah ini, andalah yang cerdas dan juga selalu menstabilkan /menyeimbangkan (dhruva), andalah yang paling mendorong (dharuna), anda seperti perawat yang memberikan ketenangan (dhartri), andalah yang menetapkan aturan (dharani) seperti pertiwi melindungi dunia dan juga bagi rumah. Untuk itu Aku (Tuhan) memberkati anda agar panjang umur (ayuse), cahaya (varcase) agar keberhasilan dalam pertanian (krsyai) dan untuk kemakmuran di rumah ini (ksemaya)

‘Wahai para wanita, yang berumah tangga, engkaulah yang tertua di rumah ini, engkaulah yang cerdas dan seimbang di rumah ini, dan engkaulah pendorong dan sebagai perawat yang memberikan ketenangan. Engkau yang menetapkan peraturan seperti ibu pertiwi yang melindungi dunia. Oleh karena itu, Aku memberikanmu umur panjang dan cahaya keberhasilan dalam pertanian (usaha) dan untuk kemakmuran di rumah ini’

Seperti terdapat dalam banyak mantra dalam Veda, posisi wanita begitu tinggi. Tanpa kehadiran wanita, sebuah rumah tidak dapat dikatakan sebagai rumah yang utuh. “Jayea astam maghavan u yonih….” (Rgveda:3-53-4), berarti ibu rumah tangga atau wanitalah sebenarnya rumah itu sendiri, dan dialah yang terpenting bagi kemakmuran keluarga.
Dalam mantra tersebut dijelaskan bahwa posisi wanita dalam rumah tangga adalah paling tinggi. Untuk itu, dia disebut murdha dhruva. Selain itu, dalam rumah posisi wanita adalah sebagai penyeimbang dan dialah yang terpenting seperti dhruva bintang. Wanita juga selalu memegang tanggung jawab rumah tangga. Kata dhartri dan dharani berarti bahwa wanita adalah seperti perawat yang menolong pasien. Demikian juga wanita memiliki kelakuan baik. Dia selalu mengucapkan kata-kata yang halus yang dapat memberikan ketenangan. Dialah juga yang bertanggung jawab dan memberikan segala yang dibutuhkan seperti ibu pertiwi.

Akhirnya dalam mantra tersebut dikatakan bahwa Aku (Tuhan) memberkati wanita panjang umur dalam rumah tangga, sebagi varcas (cahaya) demi keberhasilan dalam pertanian untuk kemakmuran dan kesejahteraan. Di sini jelas bahwa Tuhan menetapkan wanita sebagai ibu rumah tangga supaya roda rumah tangga berjalan dengan baik. Wanitalah yang mendapatkan karunia dari Tuhan agar di manapun dia menjadi ibu rumah tangga, sehingga rumah itu akan selalu makmur dan bahagia.

Dalam Veda posisi wanita begitu tinggi, di mana dia dianggap sebagai permaisuri di rumah tangga. Dalam Atharvaveda dijelaskan bahwa

“Wahai wanita! Masuklah di rumah ini dengan memakai busana dan keluarkanlah suamimu dari segala penderitaan “

(sumangali pratarani grhanam … Atharvaveda: 14-2-26).

Demikian juga disarankan supaya wanita matanya sering melihat ke bawah tidak selalu ke atas, dan kakinya selalu disilang supaya selalu ada perasaan malu (adhah pasyasva ma upari samtaram padakau hara …./Rgveda -8-33-19)

Tanpa kehadiran wanita yajnya tidak sempurna (… patni sukrtam bibharti …/ Yayurveda: 19-94). Veda juga mengatakan bahwa wanitalah yang selalu melaksanakan yajna, karena jika wanita melaksanakan yajna maka Dewa Agni akan memusuhi atau mengusir para raksasa / bhuta ( a roha carmopa sida agnim …. / Atharvaveda: 14-2-24), dan bahkan wanita disarankan untuk aktif dalam yajna, kemasyarakatan, dan perang. Dalam Veda juga dikatakan bahwa wanitalah yang harus memilih suaminya sendiri jika dia ingin bahagia dalam hidup ini ( svayam sa mitram vanute jane cit. Rgveda: 10-27-12)

Sumber bacaan 108 Mutiara Veda Untuk Kehidupan Sehari-hari Oleh DR. Somvir , Penerbit Paramita Surabaya, 2001

One response to “Hakikat Wanita – Hindu

  1. pekerjaan rumah tangga yg dikerjakan wanita Hindu Bali sebenarnya sangat berat tapi gak begitu tampak.. belum lagi odalan, ngayah dll, misi ngubuh celeng pada… mihh lepug gae Rumah tangga to sbnarnya… hehehe

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s