Pasraman Kilat


Pasraman Kilat diadakan dalam setiap liburan sekolah dengan aneka kegiatan baik teori , praktek  maupun Outbound. Sasaran utama kegiatan Pasraman Kilat adalah untuk meningkatkan aktualisasi pengamalan ajaran Agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari dan dalam masyarakat, Meningkatkan penanaman nilai-nilai moral, etika, budi pekerti, mempraktekkan pengetahuan agama yang telah diperoleh di kelas ke dalam kegiatan nyata dilingkungan masyarakat.

Kata pasraman berasal dari kata “asrama” (sering ditulis dan dibaca ashram) yang artinya tempat berlangsungnya proses belajar mengajar atau pendidikan. Kini di Indonesia telah muncul dan berkembang banyak pasraman untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh umat Hindu, utamanya adalah masalah pendidikan agama Hindu dan di luar Bali.
Tujuan pendidikan agama Hindu sejalan dengan tujuan pendidikan nasional  yaitu bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan Sradha (keyakinan) dan Bhakti siswa kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa melalui pelatihan, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu, sehingga menjadi insan Hindu yang darmika dan mampu mewujudkan cita-cita luhur Moksartham Jagadhita.

Tujuan pendidikan nasional, sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yakni bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat membangun manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab terhadap pembangunan bangsa, sehingga jelas bahwa arah dan strategi pendidikan nasional adalah terbinanya manusia-manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan memperhatikan aspek-aspek kecerdasan, keterampilan dan keahlian. (wikipedia.org).
Pemerintah dalam hal ini harus menyediakan tenaga pengajar agama Hindu pada setiap lembaga pendidikan formal, yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah menengah Atas. Namun kenyataannya sungguh menyedihkan…..

Kini di Indonesia telah muncul dan berkembang banyak pasraman untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh umat Hindu, utamanya adalah masalah pendidikan agama Hindu yang di luar Bali. Karena keterbatasan tenaga guru agama Hindu, maka yang tidak diperoleh di sekolah-sekolah pada umumnya, para siswa yang bersangkutan dapat mengikuti pendidikan agama Hindu melalui lembaga pasraman ini. Di luar Bali pendidikan pasraman pada umumnya berlangsung di lingkungan pura.

Kenapa Pasraman Kilat ? mungkinkah karena ada Pesantren Kilat umat Muslim yang diadakan setiap bulan puasa ?. Kalau pandangan kita sempit, egoisme kita besar tentunya akan menjadi masalah besar, namun saat ini masyarakat kita sangat terbuka dan memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi. No Problem (RANBB)

2 responses to “Pasraman Kilat

  1. masalah pasraman kilat memang mencontoh kegiatan teman2 di muslim, tujuannya baik, mengimplementasikan ajaran2 agama hindu yg di dapatkan di sekolah dan pasraman… untuk lebih meningkatkan saradha dan bhakti umat hindu, yang dipupuk dari generasi muda melalui pasraman kilat…
    pisne uli pemerintah bli… hahahaha… masak ye gen baang pisne??? lhaa… gak adil toh..

    Like

  2. OOOO mara nawang … yen be tua sing dadi milu pasraman kilat nah ,,, suksma pak De, yen pes****n ada joke nya ” Pengangguran Santai Dan Keren ” hehehe…

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s