Tanya Jawab Nak Bali Belog


Saya, Nak Bali Belog mengadakan tanya-jawab pada diri saya sendiri. Nak Bali Belog (Belog=Tidak Pintar, bukan bodoh). Anak Bali Belog memang anak soleh (bahasa bali; Soleh itu aneh). Tanya jawab ini hanya sekedar obrolan bale banjar, atau diskusi warung kopi (menurut Warkop DKI). Semoga tanya-jawab yang tidak ada gunanya ini memberikan sedikit hiburan yang membuat anda tersenyum. Bukankah senyum lebih indah dari kata-kata ?.

Tanya: Mana lebih baik belajar ‘merakit bom’ atau belajar ‘Leak’ ?

Jawab : Nak Bali Belog lebih baik belajar ilmu Leak. Semua ilmu pengetahuan atau ketrampilan yang kita pelajari adalah baik. ‘Merakit bom’ itu baik terbukti dipelajari di Kesatuan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian kita, keahlian inipun setiap tahun baru, pesta bedug, atau acara-acara tertentu kita gunakan. Petasan yang sederhana itu adalah hasil kerja dari ahli ‘merakit bom’, tanpa keahlian dalam bidang bahan peledak, zat kimia, elektronika, detonator, pematik, kabel, saklar, gimana mau bisa menjadi ahli ‘merakit bom’. Setiap petasan yang kita bunyikan adalah hasil kemampuan seseorang yang ahli ‘merakit bom’. Lalu bagaimana dengan belajar nge-Leak ? Bila ada yang mengatakan belajar nge-Leak itu jelek, itu karena ketidaktahuan secara mendasar, hanya berdasarkan penilaian dari orang-orang ‘bodoh’, hanya berdasarkan sinetron-sinetron yang tidak bermutu. Leak sama saja dengan ‘merakit bom’, dimana efek sampingmya tergantung pada orang atau manusia pelakunya. Manusia dengan dasar iri hati, dengki, penuh kebencian, kecurigaan, munafik, sentimen pribadi, egoisme tinggi dan lain sebagainya akan menyebabkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan itu menjadi berbahaya dan merugikan.

Tanya: Bagaimana Nak Bali Belog bila dikatakan Kafir ?

Jawab : Saya, Nak Bali Belog tidak masalah dikatakan Kafir. Ya, umat Hindu seharusnya tidak mempermasalahkan kata Kafir, apalagi tersinggung setiap umat Islam atau umat lain bicara Kafir. Kafir dan non Kafir dalam ajaran Hindu itu tidak ada, yang ada adalah Dharma dan Adharma. Maka bila dikatakan Kafir, ya mustinya tidak mempermasalahkan apalagi tersinggung, karena yang kita yakini itu adalah Panca Sradha dan ajaran Veda, serta pustaka suci lainnya.

Membaca dari http://id.wikipedia.org/wiki/Kafir tentang Kafir, Nak Bali Belog dapat katakan bahwa Umat Hindu sangat meyakini Tuhan itu Esa, “EKO NARAYANAD NA DWITYO’STI KASCIT” artinya “Hanya satu Tuhan sama sekali tidak ada duanya”, dan masih banyak lagi filsafat tentang ke-Esa-an Tuhan dalam agama Hindu. Umat Hindu dengan ajaran Veda; Catur Marga; Bhakti, Karma, Jnana dan Yoga, merupakan empat cara bersyukur kepada Tuhan, keempat jalan ini memberikan peluang kepada setiap umat Hindu untuk memilih jalan terbaik, termudah, sesuai dengan keinginan, kemampuannya dalam bersyukur kepada Tuhan.

Kesimpulan tanya jawab Nak Bali Belog, menjadi orang baik itu lebih susah menjadi orang tidak baik. Baik dan tidak baik pun relatif dari mana kita memandangnya. Keyakinan itu penting, dan lebih penting lagi pengetahuan akan keyakinan tersebut. Pengetahuan yang baik dapat dilihat dari tingkah laku manusianya. Tanya Jawab Nak Bali Belog yang tidak ada gunanya ini sangat mungkin berbeda dengan orang lain. Salah-salah kata dalam tulisan ini Rare Angon Nak Bali Belog ‘mohon maaf’ Suksma (RANBB)

6 responses to “Tanya Jawab Nak Bali Belog

  1. Bli Jul dot matakon jk RANBB, apa bedanya tafir dg kafir? hehe…

    Like

    • Tafir pake ‘f’ setelah ditelusuri di mbah google, mbah yahoo, paman fesbuk, tidak ada yang tahu, tetapi kalau nama orang itu ada, ….. tafir …. , jadi lebih ke nama orang. Mungkin ada pengunjung yang tahu ?

      kalo Kafir dalam agama lain, seperti Islam maupun Kristen, ada di wikipedia.

      suksma Bli Bagus🙂

      Like

  2. apa judul lagu yg liriknya: adi luh komang jalan jani mecimpedan, nyen ngidang menebak lakar upahin lakar biange es lilin,

    Like

  3. I am in fact glad to glance at this webpage posts which carries tons of valuable information, thanks for providing these kinds of data.

    Like

  4. No matter if some one searches for his necessary thing,
    thus he/she desires to be available that in detail, thus that
    thing is maintained over here.

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s