Kekuatan Magis Uang Kepeng


Uang Kepeng yang digunakan sebagai sara upakara oleh umat Hindu di Bali, (saat ini di seluruh Indonesia-red), sebenarnya tidak semuanya berasal dari Cina. Ada beberapa dari uang kepeng tersebut berasal dari Jepang, Vietnam, Korea dan  bahkan ada yang berasal dari masa kerajaan-kerajaan di Nusantara. Adapun uang kepeng Cina yang memiliki kekuatan magis, diantaranya :

a. Pis Bulan

Uang kepeng Cina ini disebut Pis Bulan karena memiliki tanda seperti bulan sabit pada bidang belakangnya. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan penerangan dalam kegelapan, sehingga orang yang memiliki uang kepeng ini akan tampak selalu cerah dan bagi orang perempuan khususnya dapat memberikan aura “kecantikan”. Baca Kehidupan Cinta Orang Bali.

b. Pis Bagia

Uang kepeng Cina ini disebut Pis Bagia karena pada bidang mukanya terdapat tulisan yang bermakna kebahagiaan. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan “kebahagiaan” bagi orang yang memilikinya.

c. Pis Pasepan Dupa

Uang kepeng Cina ini disebut Pis Pasepan Dupa karena pada bidang mukanya terdapat tulisan yang menyerupai pasepan, yaitu sarana api yang digunakan dalam yadnya. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat membantu mempercepat dalam melakukan hubungan dengan Hyang Maha Kuasa. Di samping itu, uang kepeng Cina ini juga diyakini dapat memberikan fibrasi “kesucian” bagi orang yang memilikinya.

d. Pis Wadon Sari

Uang kepeng ini disebut Pis Wadon karena pada salah satu permukaannya (bidang belakang) tidak memiliki tulisan (polos). Di samping itu juga, karena salah satu tulisan yang terdapat pada bidang muka memiliki arti lemah lembut yang dimaknai sebagai sifat perempuan. Sedangkan kata “sari” pada Pis Wadon Sari adalah karena salah satu tulisan yang letaknya paling atas pada bidang muka uang kepeng Cina, menyerupai kelopak bunga yang lengkap dengan sarinya. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan fibrasi “kesucian” dan “keharmonisan” bagi orang yang memilikinya.

e. Pis Patuh

Disebut Pis Patuh karena uang kepeng Cina ini memiliki tulisan yang persis sama baik pada bidang muka maupun pada bidang belakang. Namun, jenis ini sangat langka. Jenis Pis Patuh yang umum dikenal di masyarakat adalah uang kepeng Cina yang memiliki jumlah tulisan yang sama baik pada bidang muka maupun pada bidang belakang yaitu masing-masing memiliki sebanyak empat tulisan. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan “keselamatan” bagi orang yang memilikinya.

f. Pis Sangket

Uang kepeng Cina ini disebut Pis Sangket karena salah satu tulisan pada bidang belakangnya menyerupai anak pancing atau kait. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memperlancar “rejeki”.

g. Pis Tapa Dara

Disebut Pis Tapak Dara karena uang kepeng Cina ini memiliki tanda tambah (+) pada bidang belakangnya. Tanda ini oleh masyarakat Bali disebut dengan istilah “Tapak dara”. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan “keselamatan” bagi orang yang memilikinya.

h. Pis Padma

Uang kepeng Cina ini disebut Pis Padma karena memiliki lubang bersudut delapan yang menyerupai teratai yang berkelopak bunga delapan (asta dala). Bentuk ini oleh masyarakat Bali diberi nama padma. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan fibrasi “kesucian” dan “keselamatan”

i. Pis Pengider Buana

Disebut Pis Pengider Buana karena uang kepeng Cina ini memiliki empat lubang selain lubang yang ada ditengahnya. Empat lubang tersebut berada diantara tulisan-tulisannya dan terjadi akibat proses alami. Artinya, lubang itu ada bukan karena sengaja dibuat oleh manusia, tetapi terjadi begitu saja akibat dari ‘aus’ mengingat uang kepeng Cina dibuat dari logam yang tipis, sehingga mudah terjadi lubang. Uang kepeng Cina ini diyakini dapat memberikan fibrasi “kesucian” dan “keselamatan”

Semua jenis uang kepeng Cina yang diyakini memiliki kekuatan magis tersebut, oleh masyarakat Bali diberi nama Pis Maadan. Pemberian nama dan perlakuan khusus terhadap uang kepeng Cina yang ada di Bali menunjukkan keistimewaan yang dimiliki uang kepeng Cina di mata masyarakat Bali.

Lebih lengkap tentang uang kepeng Cina, baca buku Uang Kepeng Cina Dalam Ritual Masyarakat Bali oleh I dewa Nyoman Putra Harthawan, penerbit Pustaka Larasan 2011. (RANBB)

6 responses to “Kekuatan Magis Uang Kepeng

  1. mantap blognya,, silahkan mampir trimakasih http://mustikapengasih.blogspot.com/

    Liked by 1 person

  2. Pingback: Membuat Daksina Pralingga | nakbalibelog

  3. dijual uang kepeng / pis bolong di bali ( ada pis lembang,pis sangket dll)
    barang asli minat hub 081936102209

    foto bisa lewat whataap/line makasi

    Liked by 1 person

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s