Juru Tulis Banjar


Juru Tulis Banjar. Keadaan Banjar di Bali dibedakan atas banjar yang besar dan banjar yang kecil. Bila anggotanya lebih dari 50 kuren (keluarga) disebut banjar besar, demikian pula sebaliknya dengan banjar kecil. Banjar yang besar dibagi lagi menjadi kelompok kecil yang disebut Tempek. Penamaan Tempek berdasarkan lokasi  dari letak bale banjarnya, seperti tempek kangin, tempek kauh, tempek kaja, tempek delod pempatan dan lain sebagainya.

Banjar Ciledug

Kerama Suka Duka Hindu Dharma Banjar Ciledug

Banjar dipimpin oleh Kelihan Banjar, sedangkan Tempek dipimpin oleh kelian Tempek. Struktur organisasi Banjar di Bali bervariasi, baik komposisi pengurusnya maupun namanya. Kendati demikian secara umum komposisi pengurus banjar di Bali adalah :

Kelihan Banjar, sebagai pemimpin dari banjar itu sendiri. Kelihan Banjar dibantu oleh Juru Tulis disebut Penyarikan (Sekretaris). Di bawah Kelihan Banjar ada Kasinoman atau Juru Arah (Humas). Dalam Banjar yang memiliki banyak Tempek-Tempek maka setiap tempek akan memiliki Juru Arah atau Kesinoman.

Perkembangan Banjar tidak hanya di Pulau Bali, namun kini ke seluruh dunia yang ada komunitas umat Hindu yang berasal dari Bali. Dengan latar belakang sesama dari Bali yang sudah terbiasa dengan kegiatan me-Banjar ini, maka keinginan untuk berkumpul membentuk banjar pastilah besar.

Kami, umat Hindu yang ada di wilayah Ciledug Tangerang Banten juga mempunyai banjar, Banjar Ciledug. Kerama Suka Duka Hindu Dharma Banjar Ciledug dan sekitarnya sebagai wadah bagi semeton umat yang datang merantau di daerah Jakarta dan Ciledug yang merupakan tempat kami meningkatkan Sradha dan Bhakti kita kehadapan Sanghyang Widhi Wasa, meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama umat, tempat kami berkegiatan sosial keagamaan, me-Suka Duka metimbang wirasa pekedek pekenyung menyama braya, segilik seguluk selunglung sebayantaka, paras paros sarpanaya.

Kunjungi Website kami di http://www.banjarciledug.org sebagai sarana komunikasi dan informasi kegiatan banjar, tentang Pura Dharma Sidhi dan lain sebagainya. Suksma Juru Tulis Banjar Ciledug (RANBB)

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s