Resume Pembinaan Umat


Pembinaan umat dalam rangka piodalan Pura Dharma Sidhi oleh I Kadek Sanjana Duaja Pembimbing Masyarakat Hindu Kanwil Kementrian Agama Propinsi Banten, Ciledug 1 September 2014. Website banjar Ciledug www.banjarciledug.org

Selaku Pembimas Propinsi Banten yang dilantik pada 2 Februari 2012 bapak Prof. I Kadek Sanjana Duaja bertugas membimbing masyarakat Hindu yang ada di seluruh propinsi Banten yang meliputi 7 (tujuh) pura yang tersebar di Serang, Ciledug, Tangerang, Rempoa, BSD, dan Tigaraksa. Kegiatan umat Hindu di lingkungan pemerintahan diwakili oleh parisada-parisada, seperti PHDI Kota, PHDI Kabupaten. Sedangkan di tingkat kecamatan adalah banjar suka-duka.

Pelaksanaan pujawali-pujawali pura pada umumnya berdasarkan pawekon (wuku) yang dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali, dan berdasarkan sasih (bulan) yang datangnya setiap 1 (satu) tahun sekali. Lihat Kalender Hindu

Pujawali = piodalan = petirtan, semua ini memiliki kesamaan arti sehingga penggunaannya di dalam masyarakat tidak perlu diperdebatkan. Pujawali yang berkaitan dengan Yadnya didasari oleh hutang (Rnam) yang sejak lahir kita sudah terikat dengan hukum karma, yaitu karmawacana. Tri Rnam (hutang) inilah yang menyebabkan adanya Panca Yadnya. Dewa Rnam meliputi Dewa Yadnya dan Butha Yadnya, Rsi Rnam berkaitan dengan Rsi Yadnya dan Pitra Rnam meliputi Manusa Yadnya dan Pitra Yadnya.

Piodalan/pujawali/petirtan memiliki makna mengungkapkan rasa syukur ‘angayubagia’ atas berlangsungnya proses karma di alam ini. Piodalan juga merupakan konsep pendidikan sosial dan spiritual yang berkesinambungan, sehingga bagi umat Hindu pujawali adalah segalanya. Berdana punia, perbaikan, renovasi, dan lain sebagainya sering dilaksanakan pada pujawali ini.

Dalam hal peranan PHDI, PHDI memiliki peranan dalam menyampaikan aspirasi umat ke pemerintahan daerah, sehingga apapun aspirasi kita untuk kemajuan daerah disampaikan kepada PHDI, baik itu Kota, Kabupaten dan Propinsi. Untuk kegiatan kepemudaan ditingkat banjar adalah STHD sedangkan ditingkat propinsi adalah IPHB ( Ikatan Pemuda Hindu Banten ), demikian pula PWSHD (Persatuan Wanita Suka Duka Hindu Dharma) berada di tingkat banjar yang diwakili oleh WHDI untuk tingkat propinsi.

Tugas PHDI

  • Menetapkan bhisama (fatwa)
  • Menjembatani hubungan umat Hindu dengan pemerintah
  • Membina semua organisasi/lembaga keagamaan yang bernafaskan Hindu
  • Menjaga kerukunan baik intern, antar dan antara umat Hindu dengan pemerintah dalam mewujudkan kedamaian

Kepemangkuan. Pemangku, Pinandita memiliki wewenang penuh di Uttama Mandala. Uttama Mandala yang dibatasi oleh Kori Agung sebagai simbol penyatuan Sabda, Bayu dan Idep sehingga setelah berada di Uttama Mandala hanya ada kepasrahan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tidak dibenarkan untuk membicarakan hal negatif (nge-gosip), namun tempat mendiskusikan hal-hal spiritual.

Dalam hal pewintenan sari, bagi umat yang telah melaksanakan pewintenan sari di Pura Dharma Sidhi, dibenarkan untuk membantu para pinandita seperti memercikkan tirtha, memasang wastra dan lain sebagainya, namun perlu ditegaskan hanya yang melaksanakan pewintenan sari di Pura Dharma Sidhi bukan yang diluar pura (di Bali/ rumah).

Suka Duka Banjar

  • Secara khusus mengurus intern banjarnya termasuk membina organisasi yang dibawahnya (suka dan duka)
  • Berkoordinasi dengan banjar-banjar yang lain terkait kebersamaan yang telah dibina
  • Berkoordinasi lintas banjar
  • Mendukung kegiatan pemerintah

Pasraman

  • Posisinya antara formal dan non formal. Formal karena menggunakan kurikulum pemerintah, non formal karena kegiatan belajar-mengajar di hari Minggu dilingkungan pasraman.
  • Keterbatasan sarana gedung menjadi proses belajar mengajar kurang efektif dan efisien.
  • Keterbatasan tenaga pendidik dalam kompetensi yang serumpun, sesuai dengan keahlian dan kemampuan.
  • Pasraman melahirkan generasi muda Hindu yang mempunyai Sradha dan Bhakti.

 STHD

  • Perkumpulan pemuda dan pemudi yang ada di banjar ciledug
  • Merupakan generasi penerus dari suka duka banjar Ciledug, sehingga memiliki peran yang sangat penting, sehingga perlu mendapat dukungan yang maksimal.
  • Motivasi orangtua memegang peranan penting dalam perkembangannya
  • Pura sebagai basis untuk berinovasi, berekspresi dan ngayah

Kesimpulan

  • Piodalan merupakan bentuk aplikasi dari Rnam yang kita miliki.
  • Semua kegiatan yang dilakukan di banjar atas dasar ngayah.
  • Semua organisasi yang ada di bawah banjar pada dasarnya adalah banjar itu sendiri.
  • Banjar mempunyai tanggung jawab mutlak untuk mensukseskan pujawali sesuai dengan tingkatan yang diambil

Suksma Ngayah Dados Sekretaris (RANBB)

3 responses to “Resume Pembinaan Umat

  1. Mau Jalan-jalan ke Macau dan iPhone 5c GRATIS?
    Yuk ikutan lomba blog ‘Why Macau’ di sini http://bit.ly/WhyMacau
    Caranya mudah, tuliskan keinginanmu untuk pergi ke Macau. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat populer di Macau. Sertakan foto atau video agar tulisanmu lebih menarik.

    Lihat info selengkapnya di sini http://bit.ly/WhyMacau

    Like

  2. Mohon info mengenai pendidikan Agama Hindu untuk sekolah formal , contoh smpn 18 Pamulang tangsel yg ada siswanya yang beragama Hindu menjadi tanggungan siapa?? Apakah orang tua siswa atau siapa?? Karena disekolah formal ada alokasi waktu untuk pendidikan Agama. Terima kasih

    Like

  3. Om Swastiastu Pak Ketut, terima kasih atas infonya, untuk SIswa yang beragama Hindu, ada Pasraman di setiap Pura untuk pendidikan agama Hindu yg bersangkutan, silakan datang dan daftar di pasraman, maka pendidikan dan nilai agama Hindu akan diberikan oleh pasraman tersebut, Bisa ke Pasraman Dharma Sidhi Karya yang di Pura Dharma Sidhi Ciledug, jl Kavling P&K Parung Serab, atau di Pura Parahyangan Jagat Guru BSD, matur suksma

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s