Aku Hanya Minta Kwangen


Aku Hanya Minta Kwangen. Sering kudengar lagu yang menceritakan seorang anak yang sudah mencari ayahnya kesana-kemari. Namun apa yang si anak dapatkan saat berjumpa dengan sang ayah. Sang ayah telah tidur. Sang ayah tidur untuk selama-lamanya. Lagu ini diiringi oleh gamelan Angklung kematian, menambah hatiku bergetar mendengar bait demi bait yang dinyanyikan dengan irama pupuh. Tidak jelas bagiku yang kurang paham dengan pupuh. Mungkin saja itu pupuh Sinom.”Uduh Bapa … cingak titiang …”

Aku hanya minta Kwangen, ya, dalam bait demi bait lagu ini, tidak ada yang dapat menemani sang ayah dalam perjalanannya ke alam sana. Tidak ada harta, tidak ada kekayaan, emas, baju yang mewah, mobil yang mahal. Perjalanan yang sangat jauh, jauh sekali harus ditempuh sang ayah. Namun sebaliknya akan menjadi sangat dekat bila diiringi doa sang anak, doa dari sebuah Kwangen.

Setiap hari kudengarkan lagu ini tanpa pernah bosan, sambil mengerjakan tugas utama sebagai seorang ayah, mencari nafkah untuk kebutuhan keluargaku yang sederhana ini. Terkadang Aku larut dalam alunan Angklung kematian. Tak sadar terkadang air mata ini menetes membasahi pipi teringat akan sang ayah yang sudah lanjut usia. Maaf ayah, anakmu saat ini sedang melanjutkan tugas-tugas leluhur, melanjutkan generasi-generasi keluarga kita.

Sang ayah yang telah ditunggu lama sekali oleh sang anak, sang cucu, namun kini sang ayah dijumpai dalam keadaan tidur selama-selamanya. Dalam keadaaan saat seperti ini sang ayah hanya minta Kwangen Pmeras-an. Kwangen sebagai bagian dari upacara yang akan mengantarkan sang ayah. Kwangen yang akan membuka jalan bagi sang ayah. Iklaskanlah perjalanan sang ayah, karena ini merupakan bagian dari tugas sang ayah “nangun wasa kerti” untuk anak-anak ayah sekalian. (RANBB)

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s