Tri Hita Karana Dalam Kehidupan Nyata


Tri Hita Karana Dalam Kehidupan Nyata. Tri Hita Karana berasal dari kata Tri yang berarti tiga,Hita yang berarti kebahagiaan dan “Karana” yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti “Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”.

Bagaimana kita mewujudkan secara nyata konsep Tri Hita Karana ini dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan nyata ini? Perlu kembali kita pahami apa saja Tri Hita Karana itu. Konsep kosmologi Tri Hita Karana merupakan falsafah hidup tangguh. Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keaneka ragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi. Pada dasarnya hakikat ajaran tri hita karana menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia ini. Ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan ke Tuhan yang saling terkait satu sama lain

Hubungan dengan sesama manusia dewasa ini sangat-sangat intens, 24 jam nonstop kita berhubungan dengan sesama manusia. Melalui SOSMED, Blog, BBM, WA, Chating dan lain sebagainya. Itu sangat basgu. Hubungan kita dengan TUHAN ?, hubungan ini yang tahu hanya manusia-manusia secara pribadi. Nanum saya yakin 100% hubungan Anda dengan TUHAN sangat bagus.

Bagaimana hubungan kita dengan alam sekitar? Secara teori diatas kertas, dalam wacana-wacana, dalam ceremonial politik, dalam pencitraan, hubungan dengan alam sering lebih ditonjolkan, benarkah demikian?

Inilah merupakan kegiatan nyata kita dalam penerapan Tri Hita Karana, utamanya hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

mari menanam pohon

Mari Menanam Pohon

Registerasi keikutsertaan klik disini

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s