Gandhi The Man


“Saya bukanlah seorang visioner, Saya menyatakan diri sebagai seorang idealis praktis”

Nak Bali Belog dalam posting kali ini akan mengutip kata-kata indah penuh motivasi dari buku Gandhi The Man, Seorang pria yang mengubah dirinya demi dunia karya Eknath Easwaran. Semoga menjadi peneduh hati kita dan pemberi semangat Manusia di seluruh dunia dalam menjalani kehidupan ini.

“Tidak ada sedikitpun keraguan dalam diri saya bahwa pria atau wanita manapun mampu mencapai apa yang telah saya capai. Jika ia mau mengeluarkan usaha yang sama dan memelihara harapan serta keyakinan yang sama”

Mereka hidup dalam kebijaksanaan yang melihat diri mereka dalam semua dan semua dalam diri mereka, yang kecintaannya kepada Tuhan Segala Cinta telah meluruhkan setiap hasrat yang mementingkan diri sendiri dan keinginan yang menyiksa hati. Tidak terpancing oleh kesedihan atau mengidam-idamkan kesenangan, mereka hidup terbebas dari nafsu, ketakutan, dan kemarahan. Tak lagi terbelenggu oleh pencapaian diri, mereka tidak besar hati oleh keberuntungan, pun tidak kecil hati oleh kesialan. Itulah sabdanya.

“Solusi untuk semua oranglah yang mampu menyelesaikan masalah dan membawa situasi bergerak maju”

“Kekerasan hanya membuat situasi semakin buruk. Kekerasan hanya akan merangsang tanggapan yang sama kerasnya”

“Nirkekerasan merupakan pola pikir, pola hidup, bukan sebuah taktik, melainkan sebuah cara untuk mendayagunakan kasih sayang dalam menyelesaikan masalah, memperbaiki hubungan, dan secara umum meningkatkan kualitas hidup kita.”

 “Kehidupan spiritual tidak berarti harus menarik diri ke biara atau gua-gua. Semua itu bisa dikejar di tengah-tengah keluarga, komunitas, dan karier pelayanan tanpa pamrih”

“Seseorang tidak bisa bertindak benar dalam satu aspek kehidupan sementara dia sibuk melakukan kesalahan dalam aspek yang lain. Kehidupan merupakan satu keutuahan yang tak bisa dibag-bagi.”

“Untuk mengubah orang lain, terlebih dahulu kamu harus mengubah dirimu sendiri “

“Saya menolak kekerasan karena saat terlihat menghasilkan kebaikan, kebaikan itu hanyalah sementara; keburukan yang dihasilkannya adalah kekal”

“Eksploitasi bisa ditanggulangi hanya dengan membalas kebencian dengan kasih sayang dan rasa jijik dengan rasa hormat”

“Kebenaran tertatam di dalam hati setiap manusia dan seseorang harus mencarinya di sana, dan untuk dipandu oleh kebenaran sebagaimana ia melihatnya. Namun, tidak ada seorang pun yang berhak untuk memaksa orang lain untuk bertindak mengikuti pandangan pribadinya atas kebenaran.”

“Kejahatan, ketidakadilan, dan kebencian hanya ada selama kita mendukungnya,mereka tidak memiliki keberadaan dengan sendirinya. Tanpa kerja sama kita, disengaja atau tanpa disengaja, ketidakadilan tidak mungkin berlanjut”

“Kekerasan takkan pernah dapat mengakhiri kekerasan; yang bisa dilakukannya hanyalah memancing kekerasan yang lebih besar”

“Hanya karena sesuatu tidak pernah terjadi pada masa lalu, bukan berarti itu tidak dapat terjadi pada masa depan”

“Hukum rimba” tidak jadi masalah untuk binatang; kekerasan adalah darma mereka. Namun,bagi manusia, melakukan kekerasan sama saja dengan membalik alur evolusi dan melawan sifat dasar kita, yaitu  mencintai, menanggung dan memaafkan.

“Kita semua adalah satu. Ketika kau mengakibatkan penderitaan kepada orang lain, kau membawa penderitaan kepada dirimu sendiri. Ketika kau melemahkan orang lain,kau melemahkan dirimu sendiri, melemahkan seluruh bangsa.”

Lebih lengkap sebaiknya membaca buku “GANDHI THE MAN” Seorang pria yang mengubah dirinya demi dunia, dari Eknath Easwaran. Buku ini memberikan pemahaman lebih mengenai cara Gandhi memandang hidupnya dibandingkan buku lain yang pernah saya baca – Bill Mckibben, New York Post. (RANBB)

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s