Sorga Milik Siapa?


Sorga itu milik siapa? Setiap manusia mengidam-idamkan agar mendapatkan Sorga sesaat setelah ia mati. Sorga yang diketahui sebagai tempat yang indah, bagus, enak, nikmat, menyejukkan dan serba menyenangkan. Sorga menjadi tempat yang paling difavoritkan manusia di dunia ini. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang menginginkan dalam kematiannya akan mendapat Neraka. Walaupun Sorga dan Neraka  merupakan dua tempat yang sangat populer dalam dunia ini. Sorga sebagai tujuan manusia lebih unggul dalam survey “Saat Kematian tiba, Anda mau mendapat Sorga atau Neraka? “

Lalu Sorga itu milik siapa? Apakah Sorga milik manusia yang beragama Hindu? Apakah Sorga milik manusia yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Budha,Konghucu, Atheis, Penyembah Berhala ? Atau Apakah Sorga milik manusia yang selalu berbuat baik?  Apabila Sorga adalah milik manusia yang selalu berbuat baik, lalu untuk apa ada agama? atau, Bila Sorga hanya milik manusia yang beragama, lalu untuk apa manusia itu berbuat baik ? Baca Dharman Purushalakshanam

Saat kita mengacu pada kitab-kitab suci dari masing-masing agama, pastilah Sorga milik mereka. OK, kita kesampingkan sejenak kitab-kitab suci kita. Bila bicara kitab suci maka manusia-manusia yang berbuat baik seakan-akan tidak punya hak untuk mendapat Sorga.

Sorga sebagai tempat  yang menyenangkan, indah, penuh kedamaian sebenarnya tidak usah kita kejar sesaat setelah kematian. Sorga dapat diciptakan dalam dunia ini. Sorga yang kita alami di dunia inilah Sorga sejatinya yang kita tuju setelah kematian. Hidup dengan penuh kebaikan, penuh solidaritas, kenyamanan, indah lingkungan, segar udaranya, ramah masyarakatnya, rukun dalam kebersamaan dan perbedaan , adalah Sorga. Sorga di dunia adalah Sorga di alam setelah kematian. Bagaimana mungkin kita hidup penuh kebencian di dunia ini akan bisa mencapai Sorga yang indah itu?

Kedamaian dalam dunia inilah Sorga sejatinya, sifat-sifat kebaikan, penuh kasih, penuh cinta, indah, menyenangkan, akan terbawa dalam jiwa kita sesaat setelah kematian. Dan itulah Sorga yang kita tuju. Sifat baik, karma baik yang ada dalam setiap jiwa, terkumpul menjadi satu, menjadi Sorga. Sama halnya dengan di dunia ini, manusia-manusia yang baik, berkumpul menjadi satu, maka akan membentuk Sorga. Manusia dengan sifat baik dan penuh cinta kasih, akan membentuk komunitas kedamaian. Manusia dengan sifat jahat, kebencian, iri, dengki, penyiksaan, kekejaman, membunuh, akan terkumpul dengan sendirinya dan mereka adalah Neraka. Neraka di dunia ini, dan Neraka di alam setelah kematian.

Perbuatan baik dan didukung oleh agama dengan ajaran kitab sucinya yang baik, utamanya dalam mencapai tujuan hidup yaitu Sorga, akan sangat membantu manusia mencapai Sorga. Sorga yang baik dan indah pasti akan dicapai dengan cara yang baik dan indah pula. Sorga yang menyenangkan dan menentramkan pastilah akan dicapai dengan jalan menyenangkan dan menentramkan. Sorga yang penuh cinta kasih, kebaikan pastinya akan dicapai dengan cara yang penuh kasih dan kebaikan pula. Setiap jiwa, merekam sifat-sifat duniawinya untuk dibawa dalam kehidupan sesaat setelah kematian, bila jiwa-jiwa yang penuh kebaikan, kasih sayang, cinta kedamaian, pastinya akan berkumpul dalam satu tempat yang penuh keindahan, cinta, dan kedamaian , yaitu Sorga.

Dalam ajaran agama Hindu, tujuan hidupnya adalah Moksa, bersatunya Jiwa dengan Sang Pencipta Jiwa, yaitu Tuhan. Sorga sebagai tujuan hidup di dunia dan di alam kematian, harus diciptakan dengan penuh kasih, dharma, karma-karma yang baik, indah dan nyaman untuk setiap manusia, damai dan tentram untuk setiap makhluk ciptaan-Nya. Sorga diciptakan oleh manusia-manusia dengan karma yang baik, karena Sorga merupakan tempat yang baik. Inilah logika sederhana Rare Angon Nak Bali Belog dalam memahami Sorga.

 

 

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s