Bersepeda Ke Pura Gunung Salak


Bersepeda Ke Pura Gunung Salak

Rabu, 14 Desember 2016. Merupakan hari yang membahagiakan bagi Saya. Bahagia dan Plong …. Menepati janji yang pernah diikrarkan dalam hati. Menunggu penuh kesabaran dari hari ke hari hingga tak terasa hingga tiga tahun lamanya, Janji yang pernah diikrarkan belum juga terlaksana. Hampir lupa akan janji itu…. Janji itu “Suatu saat Tiang ingin Nangkil ke Luhur dengan bersepeda” ( Saya Ingin Ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta / PAJK Gunung Salak dengan Bersepeda ). Sejatinya saya bukan Goweser seperti teman-teman seperjalanan yang lain, namun Janji tetaplah janji yang harus saya jalani dan penuhi. Hanya semangat dan mental yang membuat saya bisa menyelesaikan perjalanan ini. Tak sepenuhnya saya jalani dengan diatas sepeda (gowes), setiap tanjakan pada setengah perjalanan saya jalani dengan menuntun sepeda. Terutama setelah lepas dari pasar Ciampea, tanjakan terus dan menerus. Yang bisa saya gowes pastinya digowes kalo ga ya… dituntun saja.

img-20161214-wa0059

945855_10208415278399969_1770094467970609168_nPura di Jakarta dan Tangerang yang Saya telah Kunjungi sambil bersepeda dari rumah di Bintaro  adalah Pura Tamansari Halim Perdana Kusuma, Pura Amertha Jati Cinere, Pura Dharma Praja, Pura Agung Widya Mandala Lenteng Agung, Pura Agung Wira Dharma Samudra Cilandak, Pura Dharma Sidhi, Pura Parahyangan Jagat Guru BSD, Pura Mertha Sari Rempoa dan yang baru seminggu yang lalu Parahyangan Agung Jagatkartta Tamansari Gunung Salak Bogor yang berjarak 63 KM. Seperti dalam album foto di https://www.flickr.com/photos/dagang_tuak_bali/albums

Teman-teman komunitas Binbic Bintaro Bike Commnity, Om Budi BCL, Kang Abi, Om Yudhi, Om Adrie, Om Vicky, Om Rahmat, Om Marto, Om Edy, Om Dede, dan Saya sendiri. Adapun route menuju Pura Gunung Salak / PAJK yang kami lewati adalah start dari Bunderan Emerald Bintaro Sektor 9, JPG, Polsek Serpong, Rawa Buntu, Taman Tekno 2 BSD, Muncul, PUSPITEK, Gunung Sindur, Cogreg, Cibentang, Putat Nutug, Ciseeeng, Ranca Bungur, Pasar Ciampea, Cinangneng, Benteng, Bojong Jengkol, Cinangka, Cibitung Tengah, Tapos 2, Curug Luhur, Curug Nangka, dan Pura PAJK. Total jarak dari Bintaro ke Pura PAJK 63.5km.

1

Route Bintaro-PAJK

Tanjakan yang dilalui (menurut strava) adalah tanjakan Tanpa Harapan (6,6 km) , Rolling Tapos-Gadog Sisi ( 5,9km) dan Climb Last Climb to Pura (1,3km)

Route saat berangkat berbeda dengan saat balik. Route perjalanan balik dari PAJK menuju Bintaro adalah PAJK, Sukajaya, Sukadamai, Sukawening, Dramaga, IPB Darmaga, Ciampea dan kembali mengikuti route keberangkatan.

2

Route PAJK-Bintaro

Sepanjang perjalanan tidak perlu khawatir akan persediaan air minum dan makanan , karena route kita melewati beberapa desa yang sangat maju dari segi perekonomiannya. Banyak warung makan, warteg, kios-kios dan mini market.

20161214_090620

Tentunya kegiatan ini tidak bisa semata-mata berlangsung cepat, perlu banyak latihan gowes jauh. Beruntung saya bergabung dengan Binbic yang sering Gobar – Gowes Bareng dengan jarak jauh. Mereka sering Gobar ke Curug Nangka, Curug Panjang, Kadurung Hill, Tanjung Kait, Tanjung Pasir, Monas, Kota Tua, dan tanjakan-tanjakan seputaran gunung salak, seperti Gunung Menyan, Gunung Halimun, Gunung Bunder serta tanjakan extrim lainnya. Binbic memang Komunitas yang beda. Komunitas bersepeda seputaran Bintaro dan sekitarnya. Gobar nya tidak semata-mata mengejar fisik, tetapi juga perut, hehehe… Gowes Kuliner nya paling mengasikkan… patut dicoba.. Lihat Pacebuknya Binbic

20161214_145038

20161214_152702

Binbic sangat kompak, sering Gobar, kumpul-kumpul di base camp nya di Warung Mpok Atik JEP. Anggotanya pun hampir semua golongan, semua umur, tidak memangdang Suku Agama Ras dan Golongan. Pokoknya Anti SARA. Seru dech ……… daripada gowes sendiri seperti anak ayam kehilangan induk… mending gabung bersama Binbic.

img-20161214-wa0043

Senang sekali bisa mengenalkan tempat yang indah, suci dan sakral kepada teman-teman Binbic. Mereka, saya ajak masuk kedalam, dengan pakaian yang telah saya persiapkan dari rumah. Teman-teman Binbic sangat menikmati keindahan Pura Parahyangan Agung Jagatkartta ini. Sejarah dan latar belakang berdirinya Pura juga saya sampaikan, termasuk pelinggih-pelinggih yang ada, dan kami saling menghargai satu sama lainnya… Simak Foto-fotonya disini

Tidak lupa saya, teman-teman Binbic memohon maaf kepada seluruh umat, pengempon, penglingsir, apabila dalam kegiatan kami, ada yang kurang berkenan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.. Om Swaha.

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s