Catatan Perjalanan Akhir Tahun


Pergantian tahun 2016-2017 menjadi moment berlibur untuk keluarga kecilku. Kali ini liburan digabung dengan kegiatan menengok anakku yang sedang kuliah di Univ. Brawijaya Malang dan pelaksanaan upacara Mecaru Rsi Gana di rumah kelahiranku, Gianyar Bali. Persiapan telah dilakukan cukup lama, karena memang satu keharusan aku untuk pulang dan hadir dalam upacara besar di rumahku, sebuah acara untuk pekarangan rumah, Merajan dan lingkungan rumahku yang setelah 35 tahun baru bisa kami laksanakan lagi.

20161231_082052Liburan telah tiba. Bagaimana liburan akhir tahunmu ? tentu sangat menyenangkan ya.. libur bersama keluarga tercinta, bisa jalan-jalan menikmati indahnya negeri Nusantara ini. Berkendara dengan si Ava Hip Hip menjelajah kota-kota, memberikan pengalaman pada si buah hati akan arti petualangan. Pengalaman harus dicari dan pengalaman adalah guru. Ya, kami berpetualang sambil mencintai Indonesia, belum semua pulau yang kami bisa jelajahi dan nikmati keindahannya, kenapa harus ke luar negeri ? Inilah catatan kecilku selama liburan akhir tahun 2016-2017 dengan Penginapan murah dan nyaman selama kami menjelajahi kota-kota di Jawa dan Bali.

Liburan kami menempuh perjalanan sepanjang 2.864 km, melewati 30 an kota-kota besar dan kecil di pulau Jawa dan Bali. Berangkat dari Bintaro jakarta, masuk tol terpanjang saat ini, tol Cipali, keluar Brexit Brebes Exit. Kota pertama adalah Kota Tegal, selanjutnya Kota Pemalang, Kota Pekalongan, Kota Kendal tempat makan siang kami setiap perjalanan yaitu Monggo Moro, kemudian Semarang Jawa Tengah. Kota Malang adalah tujuan kami, karena di kota ini anak kami yang pertama sedang menuntut ilmu di Universitas Brawijaya. Jadi liburan kami nikmati bersama keluarga kecil secara lengkap. Perjalanan dengan si Ava Hip Hip belum bisa tembus sampai Malang, akhirnya kami bermalam di Kota Rembang, Penginapan murah dan nyaman di Rembang itu Hotel Tiara (cukup)

Lepas dari Semarang, perjalanan selanjutnya ke Kota Demak, Kota Kudus, Kota Pati, Kota Rembang, Kota Tuban, Kota Babad, Kota Lamongan, Kota Gresik dan Surabaya Jawa timur. Melalui jalan tol Sidoarjo Gempol kami menuju kota Malang melewati kota Lawang. Perjalanan sungguh menyenangkan dapat menikmati keindahan pantai dan gunung, suasana perkotaan dan pedesaan, masyarakat Indonesia dengan aktivitasnya, seperti becak, pedati, traktor, ibu-ibu kepasar, sungguh unik dan beranega ragam aktivitas.

Menikmati indahnya kota Malang bersama keluarga merupakan kebahagiaan kami. Berkumpul bersama bercanda ria dan melepas kangen, kebahagiaan kalian adalah kebahagiaan kami selaku orangtua. Bahagia kami adalah bisa memberi kebahagiaan pada anak-anak tercinta. Selama di Kota Malang, Penginapan murah dan nyaman di Hotel Serayu (Baik).

Liburan belum usai, karena dari Kota Malang kami menuju Bali. Melewati kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Pasir Putih Besuki, Kota Situbondo, dan Ketapang Banyuwangi. Pengalaman si kecil bertambah saat menikmati penyebrangan kapal Ferry di selat Bali. Pada awalnya dia merasa takut, namun akhirnya bisa menikmati indahnya penyebrangan dengan kapal Ferry di selat Bali. Ya, pengalaman memang musti dicari, pengalaman tidak datang dengan sendirinya. Mendarat di Bali, kami menuju Kota Singaraja, sebuah kota tempat menuntut ilmu istriku tercinta. Penginapan murah dan nyaman Kota Singaraja di hotel Sentral (cukup).

Menikmati indahnya kota Singaraja, kota I Gusti Anglurah Panji Sakti dengan lambang Singa Raja Bersayap, berlanjut ke Kota Bangli melewati Gunung Batur dengan Danau Batur yang sangat indah nan elok. Kini wisatawan dapat memperoleh pengetahuan penting mengenai Kaldera Gunung Batur melalui Museum Geopark Batur yang terletak bersebrangan dengan Penelokan Kintamani. Akhirnya kami sampai di rumah, rumah kami tercinta sebagai tempat kami dilahirkan, Abianbase Gianyar Bali.

Bagaimana Perjalanan Ke Jakarta ?

Setelah berlibur di Bali, kami kembali ke Jakarta, melewati Kota Denpasar, Tabanan, Kota Negara dan Penyebrangan Gilimanuk. Menikmati makan siang di Ayam Betutu Men Tempeh yang sangat lezat dan pedas J . Kami menuju Kota Banyuwangi untuk bermalam. Penginapan murah dan nyaman di kota Banyuwangi adalah hotel Mahkota Plengkung (baik). Perjalanan memang kami nikmati, menghindari perjalanan malam bersama si Ava hip hip agar dapat menikmati indahnya alam Indonesia sepanjang perjalanan.

Dari Kota Banyuwangi kami melewati Kota Situbondo, Pasir Putih Besuki, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bangil, Kota Sidoarjo, masuk ke Jalur Tengah (bukan Pantura), melalui kota Mojosari, Kota Mojokerto, Kota Jombang, Kota Nganjuk, Kota Ngawi, Kota Sragen dan Kota Surakarta adalah tujuan kami. Namun berkendaraan dengan si Ava hip hip hanya baru bisa sampai di Kota Ngawi, kemudian Penginapan murah dan nyaman di Ngawi adalah hotel Nuansa (baik) .

Perjalanan berkendaraan dengan si Ava hip hip kami lanjutkan keesokan harinya melalui kota Sragen, Kota Surakarta dan singgah di pusat Batik kota Surakarta, yaitu Kampung Batik. Selanjutnya menuju kota Boyolali, kota Salatiga, masuk tol Bawen menuju Semarang dan Kota Kendal. Kembali makan siang di Monggo Moro. Sama seperti keberangkatan kami melewati kota-kota di Pantura dan masuk tol Cipali di kota Brebes.

Kenikmatan terindah adalah keselamatan dan kesehatan keluarga, selama 2.864 km dengan lebih dari 30 an kota-kota besar dan kecil, kami sekeluarga tetap diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Penyayang. Aman dan Nyaman dengan si Ava Hip Hip. Mohon maaf bila dalam perjalanan kami ada yang kurang berkenan.

Advertisements

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s