Creator dan Publisher


Sekali-kali jadilah Sang Creator, tidak melulu menjadi Publisher dan Buzzer …

Semua orang tahu apa itu creator, ya orang yang meng-creat sesuatu dan dapat akhiran -or menunjukan orang atau si pelakunya. Jadi creator adalah pembuat sesuatu, pelaku dari sesuatu hingga terbentuk sesuatu pula. Creator itu kreatif, imajinatif, produktif. Sang pembuat biasanya orang yang kreatif karena punya pemikiran (imajinasi) yang unik dan menarik, sehingga akan menjadi produktif (menghasilkan sesuatu). Orang Bali Kreative

Orang Bali umumnya sudah menjadi Creator, utamanya bidang seni. Jangan ditanya lagi kemampuan seni orang Bali itu. Dunia sudah mengakuinya. Bukan baru jaman internet ini saja, tetapi sudah sejak awal dikenalnya informasi media. Bali sudah terkenal akan seni dan budayanya.

Namun dibidang yang lain, orang Bali terkenal hanya sebagai publisher (tukang sebar) dan hanya Buzzer (tukang hembusin). Bidang apa itu? Orang Bali tidak banyak yang creat tulisan-tulisan, orang Bali tidak banyak yang membuat artikel-artikel. Jangankan artikel panjang yang bermanfaat,  yang pendek namun bermanfaat saja jarang, bahkan sangat jarang.

Dapat kita lihat di Medsos, dalam satu hari saja berapa artikel pendek yang kita dapatkan ? Entah itu motivasi, provokasi, edukasi, ekonomi, pencerahan, dan berbagai artikel pendek lainnya. Kebanyakan sang kreatornya adalah orang-orang diluar kita, orang Bali sangat jarang. Tetapi herannya, justru kita sangat sering menjadi publisher (tukang sebar-sebarin), tukang buat viral.

Dan anehnya lagi, bila di sebar (share) dalam grup Medsos, artikel orang itu dibahas panjang lebar, ada yang mengkritik dengan pedas, keras, penuh argumentasi sana-sini. Ya hanya dalam grup ini, seperti katak dalam tempurung, bersuara keras hanya yang mendengar dirinya sendiri. “Yen cara Baline, cicing galak jumah, yen pesu bungker ikutne “

Terkadang lucunya, karena membahas artikel pendek di Medsos, dengan segala argumentasinya, hingga left grup, neked di Pura sing mase nyak metakon… Alangkah Lucunya Orang Bali.

Itulah peran tulisan, peran artikel, jangan meremehkan sebuah tulisan. Kemampuan sang Creator sangat berperan dalam menghasilkan tulisan yang mampu untuk mempersatukan kehidupan manusia, atau sebaliknya mampu memecah belah kita. Ayo menulis untuk kebersamaan umat. (Rare Angon Nakbalibelog)

2 responses

  1. memang sih yang paling ideal menjadi seorang creator. tetapi karena menjadi creator perlu kreatif dan imajinasi yang tinggi maka tidak semua orang bisa menjadi creator.

    bagus sekali artikelnya bli

    Liked by 1 person

  2. ayuk lah rame-rame bikin sesuatu yang ori dari hasil pemikiran kita, ga perlu panjang2 … yang penting sesuatu yang baru ..

    Like

G U E S T B O O K H E R E !!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s