MANTRA PITRA PUJA


Mantra Pitra Puja

1. Asana               : Om prasada sthiti sarira siva suci nirmalaya namah svaha.

2. Pranayama        : Om ang namah, Om ung namah, Om mang namah.

3. Karasodhana     : tangan Kanan  (Om suddhamam svaha)

tangan Kiri (Om ati suddhamam svaha)

4. Pitra Puja               :

Baca Artikel Terkait Mantra-Mantra :

Om svargantu pitaro devah, Svargantu pitara ganam, Svargantu pitarah sarvaya, Namah svada.

“Om Hyang Widhi semoga atmanya mendapat tempat di surga, semoga semua atma suci mendapat tempat di surga, sembah hamba hanyalah kepada Hyang Widhi dan hormat hamba kepada smua atma suci.”

Om moksantu pitaro devah, Moksantu pitara ganam, Moksantu pitarah sarvaya, Namah svada.

“Om Hyang Widhi semoga atmanya mencapai moksa, semoga semua atma suci mencapai moksa, sembah hamba hanyalah kepada Hyang Widhi dan hormat hamba kepada smua atma suci.”

Om Sunyantu  pitaro devah, Sunyantu pitara ganam, Sunyantu pitarah sarvaya, Namah svada.

“Om Hyang Widhi semoga atmanya mendapat ketenangan, semoga semua atma suci mendapat ketenangan, sembah hamba hanyalah kepada Hyang Widhi dan hormat hamba kepada smua atma suci.”

Om Bhagyantu  pitaro devah, Bhagyantu pitara ganam, Bhagyantu pitarah sarvaya, Namah svada.

“Om Hyang Widhi semoga atmanya mendapat kebahagiaan sejati, semoga semua atma suci dianugrahi kebahagiaan yang sejati, sembah hamba hanyalah kepada Hyang Widhi dan hormat hamba kepada smua atma suci.”

Om Ksamantu  pitaro devah, Ksamantu pitara ganam, Ksamantu pitarah sarvaya, Namah svada.

“Om Hyang Widhi semoga atmanya mendapat pengampunan, semoga semua atma suci dibebaskan segala dosanya, sembah hamba hanyalah kepada Hyang Widhi dan hormat hamba kepada smua atma suci.”

  1. Hening sejenak   : (Mohon atma yang meninggal tersebut segera menyatu kepada Hyang Widhi dan bebas dari pahala karma buruknya).
  2. Parama Santi            : Om Santih Santih Santih Om.

Baca Artikel Terkait Mantra-Mantra :

(ditetapkan berdasarkan surat PHDI Pusat Nomor : 0198/Parisada-P/XI/2004 tanggal 5 Nopember 2004 dan Surat Dirjen Bimas Hindu dan Buddha Nomor : DJ.V/Dt.V.II/5/BA.03.1/1718/2004 tanggal 10 Nopember 2004.)

14 responses

  1. Om swastyastu,
    Pertanyaan untuk mantra pitra puja itu dilakukan dan diucapkan setiap kapan? Dan apakah mantra itu bisa diucapkan dirumah. Oleh orang2 biasa bukan pemangku dan penandita?
    Mohon penjelasannya,,
    Terima kasih
    Om santi,santi,santi,om

    Like

    1. Mantra pitrapuja, doa untuk pitra (yang telah meninggal), sesaat setelah meninggal (dihadapan sawa) dengan posisi berdiri tangan amustikarana dibawah uluhati, atau setelah diupacarai (ngaben,ngeroras dll) duduk bersila tangan amustikarana di uluhati. Diucapkan bersama-sama (berkelompok) yang dipimpin oleh seorang pemangku. Mantra pitrapuja ini satu kesatuan berbeda dengan doa perseorangan untuk orang meninggal. Mantra mengandung doa dan doa tidak musti diucapkan dengan mantra… ini pengalaman kami di Banjar Ciledug Tangerang, mohon juga masukan bila ada yang kurang, terimakasih

      Like

      1. Saya minta doa hyang Dewe ato dewa hyang…??? Agar Sudi memberi jawaban tyg minta dg sangat..trimkasih

        NU

        Like

        1. Dewa Hyang atau Dewa Pitara yang sampun kelinggihang ring Sanggah Rong Tiga

          Like

    2. Mantra saat terjadi kedukaan (meninggal dunia) dilakukan dihadapan Sawa (jenasah )

      Like

  2. Dewa Putu Jaya | Reply

    dari pada tidak ada, seiring waktu berjalan kita tingkatkan pemahaman dari sang meraga lingsir, utawi sang meraga uning, pinanditha

    Liked by 1 person

    1. tongkat estafet ajaran-ajaran suci kita harus tetap berlangsung …. dari jaman-ke jaman aneka media telah digunakan oleh penglingsir kita dan nanti media ini pun akan menjadi sarana menjalankan estafet tersebut …. ngiring ngeblog …

      Like

  3. bagaimana yang dikatakan nyumbah,dan untuk nyumbah dilakukan oleh siapa dan yang mana patut di sumbah.trima kasih

    Like

  4. Godbless your
    Ini sangat bermanfaat bagi kami

    Like

    1. inggih Pak Wayan, matur suksma …

      Like

  5. Apakah mantra ini boleh kita ucapkan saat kita berada di pemakaman orang tua, ibu dimakamkan di pemakaman umum (jawa) .

    Like

    1. Boleh, doa ini juga diucapkan dihadapan jenasah yang baru meninggal, kami melakukan sebagai doa “kesadaran Jiwa” dari yang meninggal agar menuju alamnya penuh keikhlasan … pengucapan ditempat umum mempertimbangkan situasi sosial yang ada (volume suara) atau diucapkan dalam hati saja

      Like

G U E S T B O O K H E R E !!!